[KETAHUILAH] 4 Tips Sebelum Membeli Printer Dot Matrix

Advertisement

Ulasprinter.comtips sebelum membeli Printer dot matrix. Salah satu printer yang juga banyak dipakai di kantor ialah jenis printer Dot Matrix. Printer ini berbeda dengan printer tinta pada umumnya karena memakai pin jarum untuk mencetak dokumen, untuk hasil cetakannya biasanya berwarna hitam saja karena hanya dibuat dari pita ribbon hitam. Sobat juga bisa membaca keunggulan dan kelemahan printer Dot Matrix.

Beberapa dari sobat pasti sudah tahu gambaran tentang printer Dot Matrix ini. Untuk membelinya juga tidak sembarangan karena ada tips khusus sebelum membeli printer Dot Matrix. Tips ini akan membantu sobat dalam memilih printer Dot Matrix yang sesuai dengan kebutuhan sobat. Berikut ini untuk tips sebelum membeli printer Dot Matrix :

Tips Membeli Printer Dot Matrix

tips sebelum membeli Printer dot matrix

Hak cipta : Ulasprinter.com

1. Pin Jarum Printer Dot Matrix

Pin ini yang nantinya berfungsi untuk mencetak dokumen. Pin ini dibuat dari jarum yang sangat tipis yang nantinya akan menusuk pita ribbon sehingga menimbulkan bekas hitam di kertas. Pada pin jarum printer Dot Matrix ada dua jenis yakni 9 pin dan 24 pin. Perbedaannya yaitu dari ketebalan dan kecepatan yang dihasilkan. Apabila dilihat menggunakan mata hasil cetakan ini hampir tidak ada bedanya tetapi printer Dot Matrix dengan 24 pin lebih cepat dibanding 9 pin walaupun sama – sama menghasilkan warna hitam putih.

Memang untuk segi harga printer Dot Matrix 24 pin lebih mahal dari 9 pin. Anda perlu menyesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan anda. Bagi setiap orang yang menggunakan printer Dot Matrix menganggap apabila tulisan bisa terbaca itu sudah baik. Jadi untuk menentukan apakah sobat membutuhkan printer Dot Matrix 24 pin atau 9 pin tergantung sobat.

2. Jenis Kertas Cetak

Untuk mencetak atau ngeprint umumnya printer Dot Matrix membutuhkan kertas jenis NCR dimana sudah ada lubang untuk gerak kertas nantinya. Jenis kertas ini memang beberbeda supaya mencetaknya tetap lurus serta menghindari kertas tertekuk. Untuk beberapa printer Dot Matrix sudah ada fungsi yang bisa mencetak kertas tersebut secara continuously hingga satu rim.

3. Harga Pita

Setiap printer Dot Matrix memang berbeda – beda dari ukuran printer hingga pita yang dipakai. Banyak printer Dot Matrix kecil yang memakai pita ribbon dengan harga yang cukup mahal. Beberapa yang mempengaruhi harga mahal yaitu daya tahan pita terhadap banyaknya karakter yang dicetak serta tebal tipisnya hasil karakter yang dihasilkan. Harga pita yang cukup mahal jika sobat menggunakan printer Dot Matrix yang mempunyai cetak tebal. Selain itu masa guna pita juga mempengaruhi harganya juga.

4. Fitur Spesial

Beberapa printer Dot Matrix mempunyai fitur khusus seperti cetak kertas ganda. Maksudnya yaitu ada tempat bagian bawah dan bagian atas printer yang dapat dimasukkan kertas sekaligus, jadi sobat tidak perlu melepas kertas dan memasangnya kembali, hanya perlu memindahkan tuas antara cetak dari bawah atau cetak dari atas. fitur ini hanya ada untuk beberapa printer Dot Matrix saja.

Demikianlah pembahasan mengenai tips sebelum membeli Printer dot matrix semoga dengan adanya ulasan tips ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kamu semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca juga

Cara Memperbaiki Cartridge Canon Tidak Terdeteksi

Spesifikasi Pixma MX497

Advertisement
[KETAHUILAH] 4 Tips Sebelum Membeli Printer Dot Matrix | peche | 4.5