Mengapa Sih Kita Harus Menggunakan Tinta Printer Yang Asli?

Advertisement

Jakarta. Tidak dapat dipungkiri bahwa, peredaran tinta printer yang tidak asli di Indonesia termasuk salah satu yang terbesar di dunia. Beragam merek tinta dan juga kartrid printer yang diklaim dapat kompatibel dengan printer yang beredar di pasaran bisa dengan mudah untuk diperoleh oleh para konsumen. Tinta printer yang tidak asli ini juga dijual dengan harga yang tidak menguras kantong alias murah, menjadikan mereka alternatif yang menarik bagi para konsumen.

Walaupun demikian, terdapat banyak sekali alasan mengapa penggunaan tinta printer yang tidak asli tidak direkomendasikan. Apakah kalian pernah mendapati hasil cetak yang tidak konsisten atau berubah-ubah? Atau masalah dengan printer head seperti terjadi penyumbatan dan kerusakan yang lebih parah? Permasalahan-permasalahan tersebut secara umum disebabkan karena kualitas tinta yang tidak memenuhi standar pabrikan.

tinta printer asli

Ilustrasi tinta printer yang asli

Terdapat beberapa alasan mengapa tinta printer asli tetap merupakan pilihan yang terbaik untuk printer Kalian. Di bawah ini ada beberapa alasan menarik yang kami temukan berdasarkan pengamatan dan hemat kami.

1. Lebih Murah dibandingkan yang Dibayangkan

Mencetak dengan tinta printer yang asli sebenarnya tidak semahal yang Kalian bayangkan. Produsen printer seperti Brother Indonesia sekarang menyediakan printer dengan kartrid tinta yang bisa Kalian isi ulang sendiri. Ini berarti bahwa Kalian tidak perlu lagi untuk membeli kartrid baru setiap kali tinta printer Kalian habis.

Khusus untuk produk printer Brother Indonesia seperti pada tipe DCP-T300, DCP-T500w dan DCP-T700w yang mempunyai cartridge printer yang bisa diisi ulang, harga tintanya juga tidak semahal yang Kalian bayangkan. Secara resmi, tinta hitam untuk printer T-Series ini dijual dengan harga berkisar Rp 99.000. Harga ini memungkinkan Kalian untuk mencetak sampai 6.000 halaman dokumen hitam-putih. Ini berarti bahwa biaya untuk cetak per lembarnya tidak lebih dari Rp 16,5.

Demikian juga dengan tipe tinta Cyan, Magenta dan Yellow untuk mencetak berwarna, masing-masing tinta tersebut dijual dengan harga yang sangat terjangkau dan bisa dipakai untuk mencetak sampai 5.000 halaman berwarna. Mencetak foto atau dokumen penuh warna sekarang jauh lebih terjangkau.

Perlu diingat kembali bahwa tinta priner isi ulang original sudah didesain sedemikian rupa supaya printer bisa bekerja baik dengan printer head milik printer T-Series, sehingga resiko untuk kerusakan dan masalah lain bisa dihindari. Biaya perbaikan printer head yang rusak tentunya lebih besar dibandingkan jumlah yang bisa dihemat saat Kalian memilih untuk menggunakan tinta tidak alsi.

2. Hasil Cetak Yang Berkualitas dan Tetap Konsisten

Keuntungan lain yang dapat diperoleh dengan menggunakan tinta printer asli adalah pada hasil cetak yang berkualitas tinggi dan tetap konsisten. Terkadang kita lupa apabila ada banyak teknologi yang diterapkan untuk proses produksi tinta untuk printer. Tinta printer harus mampu bertahan pada tingkat kekentalan tertentu pada suhu yang sangat tinggi saat melewati printer head. Konsistensi dan kualitas tinta menjadi sangat penting untuk menjaga kualitas hasil cetak yang maksimal.

Pada pencetakan dokumen hitam-putih saja, perbedaan dari kualitas hasil cetak antara printer yang menggunakan tinta asli dan tinta tidak asli bisa dengan mudah tampak. Huruf yang tercetak lebih tajam dan kualitas cetak menjadi lebih konsisten. Perbedaan ini semakin jelas yang terlihat saat printer digunakan untuk mencetak dokumen berwarna atau foto, dengan resolusi cetak yang lebih besar.

3. Garansi Yang Sudah Terjamin

Hal lain yang dapat menjadi alasan untuk tetap menggunakan tinta original atau asli adalah garansi yang diberikan oleh produsen printer. Printer Brother T-Series contohnya, hadir dengan garansi selama 3 tahun atau 30.000 lembar, tergantung darimana yang tercapai lebih dulu. Dengan garansi yang lebih panjang, maka Brother Indonesia sebagai produsen menjanjikan kualitas produk serta layanan purnajual yang bisa diandalkan para konsumen.

Tentunya, pada garansi ini hanya berlaku pada saat Kalian menggunakan tinta printer asli yang diproduksi oleh Brother Indonesia. Pada saat Kalian memilih untuk menggunakan tinta printer isi ulang non-original atau tidak asli dari produsen tinta lain, ini berarti Kalian juga memilih untuk menggugurkan garansi yang telah diberikan. Ini berarti Kalian tidak dapat menggunakan layanan purnajual Brother Indonesia secara gratis apabila terjadi kerusakan pada printer.

Artikel terkait

Cara Efektif Menghemat Tinta Printer

Cara Mengisi Tinta Printer Canon Yang Benar

Cara Membuat Pembuangan Tinta Printer Yang Benar

Kalian mungkin dapat menghemat sedikit saat memilih untuk menggunakan tinta printer non-original, tetapi potensi biaya yang dikeluarkan pada masa yang akan datang justru malah lebih besar. Untuk apa menghemat sesaat kalau nantinya malah boros atau repot? Selalu gunakanlah tinta printer asli untuk menikmati manfaat-manfaat yang sudah disebutkan di atas.

Advertisement
Mengapa Sih Kita Harus Menggunakan Tinta Printer Yang Asli? | peche | 4.5