[INILAH] Daftar Masalah Printer dan Cara Mengatasinya

Advertisement

Ulasprinter.comdaftar masalah printer dan cara mengatasinya. Printer ialah salah satu alat yang diperlukan oleh banyak kalangan untuk menyelesaikan urusan percetakan baik itu cetak teks atau gambar. Printer tak hanya dipakai oleh instansi-instansi saja tapi hampir semua kalangan yang setiap hari membutuhkan perannya selalu menggunakan alat ini. Seiring dengan perkembangan teknologi yang ada sekarang banyak sekali merk printer yang muncul dengan spesifikasi yang berbeda-beda.

Dari setiap printer yang dipakai pasti akan ada masalah yang muncul seperti contohnya kecepatan cetak yang menurun, lalu keluarnya garis-garis pada printer yang membuat hasil cetakan menjadi tidak maksimal. Dengan demikian sobat harus mengetahui beberapa daftar masalah printer dan cara mengatasinya seperti berikut ini :

Daftar Masalah Printer dan Cara Mengatasinya

daftar masalah printer dan cara mengatasinya

Gambar ilustrasi

 

1. Kecepatan cetak yang menjadi lambat

Kecepatan cetak printer yang menjadi lambat ini umumnya paling sering dialami oleh printer baik laserjet ataupun inkjet. Masalah printer ini ternyata dapat ditangani sendiri jadi sobat tidak perlu mesti membawanya ke tukang servis printer. Cara mengatasinya yaitu dengan menurunkan kualitas cetak. Pada saat kualitas cetak menurun, otomatis kecepatan cetak menjadi lebih cepat serta pengeluaran tinta yang menjadi lebih hemat. Dalam hal ini sobat dapat mengatur pada menu printer dan pilih kualitas cetak.

2. Pengeluaran tinta printer terlalu boros

Hal ini menjadi masalah bagi banyak orang. Dengan pengeluaran tinta printer yang boros maka biaya pengeluaran untuk membeli tinta juga menjadi boros. Untuk mengatasinya sobat dapat membeli cartridge dengan kapasitas cukup besar. Agar proses pengeluaran tinta tidak terjadi secara boros.

3. Mencetak ke printer yang salah

Windows computer selalu mengirimkan tugas cetak ke printer yang salah, sehingga dokumen yang ingin dicetak tak tercetak malah dokumen lain tercetak secara otomatis melalui perintah yang salah tadi. Untuk mengatasi masalah ini, sobat dapat menekan tombol windows pada keyboard, lalu pilih menu devices printers. Pada menu Printers and Faxes klik kanan pada printer yang sobat inginkan lalu pilih menu set as default untuk menjadikan printer sebagai printer utama. Dengan cara ini proses pengiriman tugas yang salah akan segera teratasi secara baik.

4. Hasil kurang tebal dan ada bercak atau adanya garis horizontal

Masalah ini seringkali terjadi pada printer Inkjet. Untuk mengatasi masalah printer ini sobat dapat melakukannya sendiri. Langkah pertama tekan menu start dari winows7, lalu pilih devices sobat printers atau bisa juga menu control panel dan pilih aplikasi pewarnaan dari printer. Dengan demikian, tinta yang kering dapat menghilang.

5. Warning tinta habis

Printer memberikan peringatan atau warning tinta habis, padahal tintanya belum habis, ini juga menjadi masalah yang paling sering terjadi. Banyak kalangan yang menjadi bingung bagaimana cara mengatasinya. Untuk mengatasi masalah printer ini sobat dapat melakukan reset pada cartridges tinta. Dengan melakukan reset printer akan memuat pengaturan awal pada perangkat printer tersebut.

6. Kecepatan cetak printer wireless lambat

Kecepatan cetak printer wireles lambat ini dapat terjadi kapan saja dan penggunanya bisa panik saat masalah ini muncul. Untuk mengatasinya sobat perlu mengatur printer serta melakukan reset pada perangkat wireless ini. Selain itu, jarak juga dapat mempengaruhi kinerjanya. Untuk bisa bekerja secara maksimal sebaiknya, jangan terlalu jauh dalam meletakkan printer wireless dengan perangkat komputer.

Sebagai pengguna printer sobat mungkin sering mengalami masalah-masalah printer yang membuat panik atau merasa jengkel pada saat tidak bisa difungsikan dengan baik. Tidak terkecuali beberapa masalah di atas.

Artikel terkait

Cara Mengatasi Cartridge Printer Canon Yang Mampet

Cara Mengatasi Error 5B00 Printer Canon MG2570

Cara Mengatasi Dan Ciri Ciri Head Printer Epson Rusak

Dengan mengetahui beberapa cara mengatasi masalah printer tersebut semoga sobat dapat lebih mudah dan lancar untuk mengatasi printer yang erorr tanpa harus membawanya ke tukang servis. Tetapi, Apabila kondisinya tetap buruk maka bawalah ke tukang servis untuk dilakukan pengecekan secara menyeluruh.

Advertisement
[INILAH] Daftar Masalah Printer dan Cara Mengatasinya | peche | 4.5