[100% SUKSES] Cara Mengatasi Dan Ciri Ciri Head Printer Epson Rusak

Advertisement

Ulasprinter.comciri ciri head printer Epson rusak. Pada printer Epson, ada bagian head terpisah dengan cartridge. Hal ini berbeda dengan printer Canon, head dan cartridge umumnya menyatu. Bagian head mempunyai peranan penting pada printer, karena mempunyai fungsi untuk mengeluarkan tinta saat mencetak, apabila head bermasalah maka akan berpengaruh terhadap hasil cetakan.

Kerusakan yang terjadi pada head tidak dapat dianggap hal yang sepele, karena peranannya yang penting, head seringkali menjadi tolak ukur dari harga sebuah printer. Pada head printer merk Epson, harganya dapat mencapai harga printer baru. Oleh karenanya, penting untuk menjaga head printer supaya tetap bagus dan berfungsi dengan baik. Jika hasil cetakan mulai putus-putus atau bergaris, bisa jadi hal ini merupakan ciri ciri head printer Epson rusak. Selain itu, terdapat ciri ciri lainnya yang bisa kita ketahui? Simak ulasan berikut ini.

Ciri Ciri Head Printer Epson Rusak

ciri ciri head printer Epson rusak

1. Hasil Cetakan Terputus-putus, Buram dan Bergaris

Apabila pada saat melakukan print out, hasil cetakan tampak tidak sempurna dengan pola terputus-putus, buram dan bergaris ini bisa jadi pertsobat tintanya mulai habis atau adanya masalah pada head printer. Head printer yang tidak dapat mengeluarkan tinta dengan baik terjadi karena adanya penyumbatan pada bagian lubang yang diakibatkan dari tinta kering sehingga menghalangi jalannya keluar tinta.

Hal ini tidak hanya bisa mengakibatkan terhalangnya sebagian tinta keluar, tapi juga mengakibatkan tinta tidak bisa keluar sama sekali, jadi jangan heran jika pada saat print out tidak ada hasil cetakan di lembar kertas. Untuk mengatasi ini, bisa dilakukan cleaning dan deep cleaning pada pengaturan sofware.

2. Tidak Ada Tinta Yang Keluar

Timbulnya masalah ini lebih berat dibandingkan dengan kasus hasil cetakan bergaris atau buram. Penyebabnya bisa bermacam-macam, selain dari karena adanya faktor penyumbatan pada head printer, bisa juga karena adanya sesuatu yang menghalangi head contohnya plastik segel, jadi periksa secara seksama terlebih dahulu.

Untuk solusi dari ciri ciri head printer Epson rusak berupa tinta yang tidak keluar yaitu dengan cara menyedot kotoran atau tinta yang bertujuan untuk membersihkan bagian head.

Tips Merawat Head Printer

Adanya masalah pada head printer sering disebabkan oleh pemilik printer yang tidak mengetahui bagaimana merawat head printer dengan baik. Beberapa tips berikut bisa sobat terapkan untuk menjaga head tetap awet dan terhindar dari masalah.

Apabila sedang melakukan print out atau mencetak untuk waktu yang lama, maka berikan jeda atau istirahatkan beberapa saat printer selama beberapa menit agar suhu pada head tetap normal.
Lakukan secara rutin cleaning secara rutin, paling tidak sehari sekali untuk mencegah tinta kering, walaupun itu hanya 1 lembar print out.

  • Pilih tinta yang sesuai dengan jenis printer dan kualitas yang baik.
  • Hindari untuk berganti-ganti merk tinta.
  • Menjaga kebersihan perangkat printer, terutama pada bagian head

Demikian ulasan ulasprinter.com terkait ciri ciri Head Printer Epson rusak atau sedang mengalami kendala. Semoga artikel ini dapat membantu pembaca untuk merawat ataupun mengetahui permasalahan head printernya 🙂

Baca juga

Cara Mengatasi Paper Jam Printer Epson L210

Cara Memperbaiki Roller Bawah Printer Epson L Series

Cara Reset Ink Run Out Printer Epson L Series

Advertisement
[100% SUKSES] Cara Mengatasi Dan Ciri Ciri Head Printer Epson Rusak | peche | 4.5