[101% Work] Cara Reset Printer Epson L210 Yang Benar

Ulasprinter.comcara reset printer Epson L210. Di dunia printer memang ada saja kendala atau hambatan yang sering dialami dari kerusakan yang ringan sampai yang berat sekalipun. Terkadang ada yang aneh juga dari sisi printer tersebut, contohnya dalam instalasi cartridge baru, cartridge yang masih baru tersebut terkadang tidak langsung bisa terbaca atau mengalami error yang menghambat pekerjaan kita kedepan. Kasus ini memang hampir dialami oleh printer sekarang. Khususnya pada printer Epson L210 yang mempunyai ketangguhan dibandingkan dengan printer yang lain juga tak lepas dari permasalahan kecil tersebut.

Untuk memahami kondisi seperti ini, sobat dapat mengecek ulang apakah cartridge memang benar – benar tidak dapat terbaca atau kondisinya rusak. Umumnya hal ini terjadi ketika penggunaan cartridge yang tidak asli yang menyebabkan driver kuningan tidak dapat membaca cartridge tersebut. Ada juga penyebab lain seperti inject cartridge secara sembarangan yang menyebabkan tidak terbaca juga. Apabila sudah terjadi hal ini, sobat hanya dapat melakukan penanganan ringan seperti reset manual printer Epson L210. Memang ada dua cara reset Epson L210 yang bisa sobat lakukan. Untuk lebih jelasnya lagi simak penjelasan kami di bawah ini:

Cara reset Printer Epson L210 yang pertama yaitu cara otomatis dengan menggunakan software, dan cara kedua yaitu dengan menggunakan cara manual. Ada software yang dapat sobat gunakan untuk mereset secara otomatis printer Epson L210 tersebut, sobat hanya perlu mengunduhnya dari internet serta mengikuti setiap tahapannya.
Cara kedua menggunakan cara reset manual printer Epson L210 yang dapat sobat lakukan saat koneksi internet sobat terbatas. Cara ini bisa langsung sobat aplikasikan ke printer dalam kondisi menyala. Berikut ini ialah cara reset manual printer Epson L210 tersebut :

Lalu, Bagaimana Cara Reset Manual Printer Epson L210

cara reset printer Epson L210

  1. Matikanlah printer lalu cabut kabelnya sampai kurang lebih 2-5 menit.
  2. Setelah itu, nyalakan kembali, apabila masih mengalami error sobat bisa melakukan ke tahap selanjutnya.
  3. Tahan atau tekan tombol resume (atau yang berlogo tinta) sekitar 5 detik lalu lepaskan.
  4. Selanjutnya tekan lagi selama 3 detik dan tekan dengan cepat.
  5. Biarkan printer melakukan reset secara manual lalu tunggu sampai proses selesai.
  6. Ujilah printer sobat dengan test print atau cetak dokumen.

Apabila sudah selesai dan sukses dalam melakukan test print berarti proses telah selesai untuk cara reset manual printer Epson L210. Sobat bisa melakukan aktivitas seperti biasanya lagi. Pada saat error memang dapat kita lihat di layar komputer yang ada peringatan bahwa cartridge tidak terpasang atau tidak terbaca. Memang merepotkan bila disaat penting membutuhkan printer tersebut tapi malah rusak.

Apabila permasalahan ini masih belum bisa selesai dengan cara reset manual, sobat bisa coba mengganti cartridge dengan yang lain, ada kemungkinan bahwa cartridge printer mengalami kerusakan. Jika masih terus error sobat bisa menanyakan ke teknisi printer yang lebih ahli.

Baca juga

Cara Reset Cartridge Printer HP Yang Benar

Tips Sebelum Membeli Printer Dot Matrix

Cara Memperbaiki Cartridge Canon Tidak Terdeteksi

Demikianlah pembahasan mengenai cara reset printer Epson L210 semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi kamu semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.