[BERHASIL] Cara Merawat Printer Yang Jarang Dipakai Supaya Awet

Advertisement

Ulasprinter.comcara merawat printer yang jarang dipakai supaya awet. Printer merupakan salah satu jenis hardware computer yang dewasa ini sangat dibutuhkan bahkan wajib dipunya oleh banyak kalangan. Mulai dari siswa untuk membuat tugas sekolah, mahasiswa untuk mengerjakan skripsi, ataupun pekerja kantoran untuk membuat proposal ataupun laporan yang diperlukan. Tapi, ada baiknya kita tahu cara merawat printer yang jarang dipakai, karena tidak setiap harinya kita memakai printer tersebut.

Ada saatnya printer tersebut jarang dipakai karena berbagai situasi, misalnya hari libur panjang ataupun tidak adanya tugas. Mungkin benar kata pepatah “makin diasah makin tajam” ini juga dengan printer, jika jarang dipakai, maka akan menyebabkan beberapa masalah.

Lalu, Apa saja masalah yang timbul apabila printer jarang dipakai?

  1. Catridge yang mengering
    Jika sobat menggunakan printer yang menggunakan catridge sebagai bahan utama warna, maka catridge tersebut akan dapat menyumbat dan mengering sehingga menghalangi tinta yang akan keluar, sehingga hasil warna dihasilkan tak sempurna dan mengecewakan.
  2. Infus yang tersumbat
    Sama dengan catridge, jika sobat menggunakan infus atau lebih familiar dengan “tinta isi ulang atau refill , maka jika tidak dipakai dalam waktu lama juga bisa menyebabkan tinta tersebut mengering dan menyumbat selang printer, hal ini sangat buruk karena bisa menyebabkan tinta tersebut terbuang percuma dan sama saja dengan boros tinta printer. Oleh sebab itu, sobat harus tahu cara merawat printer yang jarang dipakai.

Cara Merawat Printer Yang Jarang Dipakai Supaya Awet

cara merawat printer yang jarang dipakai

Merawat printer bukanlah sesuatu hal yang sulit serta membutuhkan banyak biaya. Mungkin sobat membayangkan bahwa merawat printer membutuhkan keahlian seperti keahlian teknisi yang harus dapat membongkar-pasang tubuh printer serta membutuhkan alat untuk menjaga keawetan hasil print out. Merawat printer sangat mudah dilakukan asal sobat melakukannya dengan benar dan intensif , berikut ini cara merawat printer yang jarang dipakai :

  1. Rutin menghidupkan printer
    Walaupun sobat tidak menggunakan printer untuk mencetak sesuatu, biasakanlah untuk menyalakannya setidaknya seminggu sekali, hal ini berguna untuk menjaga kehangatan tinta printer supaya kembali encer dan tidak mengering.
  2. Menggunakan kertas tipis
    Walaupun sepele, kertas yang tebal bisa membuat kinerja roda penggerak pada printer bekerja menjadi lebih berat sehingga bisa merusaknya dalam jangka waktu yang lama.
  3. Matikan printer dengan benar
    jika sobat telah selesai menggunakan printer, matikan dengan benar dengan cara eject di my computer, kemudian tekan tombol power di printer sobat, karena jika sobat melakukannya secara manual, roda penggerak dan head print tak akan kembali dengan sempurna pada tempatnya dan bisa menimbulkan kerusakan permanen.

Demikianlah cara merawat printer yang jarang dipakai, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi para pembaca, karena printer merupakan barang yang sangat dibutuhkan dalam hal apapun terutama jika profesi sobat membutuhkan banyak tinta dan kertas. Semoga bermanfaat.

Tutorial printer lainnya

Cara Mengatasi Error Printer Canon MP237

Cara Mengganti Head Printer Epson

Cara Reset Printer Epson L210 Yang Benar

Advertisement
[BERHASIL] Cara Merawat Printer Yang Jarang Dipakai Supaya Awet | peche | 4.5