[it’s work] 7 Cara Merawat Printer Laserjet Biar Awet

Advertisement

Ulasprinter.comcara merawat printer laserjet biar awet. Printer hp laserjet merupakan printer yang menggunakan serbuk toner, bukan menggunakan tinta seperti pada printer inkjet. Printer ini sanggup mencetak dengan lebih cepat dibandingkan dengan printer inkjet. Harga printer laserjet bisa dibilang cukup mahal, oleh karena itu kita perlu melakukan perawatan ekstra supaya printernya bisa awet.

Merawat printer hp laserjet erat kaitannya dengan cara pemakaiannya yang benar supaya dapat meminimalisir terjadinya kerusakan pada printer. Jika printer laserjet sobat mengalami kerusakan, maka sobat harus mengeluarkan biaya yang cukup banyak mengingat harga dari komponen printer ini cukup mahal.

Sebenarnya cara merawat printer laserjet ini lumayan mudah dan tidak ribet. Asalkan kita selalu mengingat dan menerapkan hal-hal berikut ini. Printer laserjet sobat akan tahan lama. Berikut ini ada beberapa cara melakukan perawatan pada printer laserjet yang bisa sobat terapkan setiap hari.

Cara Merawat Printer Laserjet Biar Awet

cara merawat printer laserjet biar awet

1. Jangan Terkena Sinar Matahari Secara Langsung

Lokasi atau tempat sobat meletakkan printer harus dihindari dari paparan langsung sinar matahari. Hal ini karena oleh adanya satu komponen yang peka terhadap sinar, dan kemungkinan bisa rusak secara permanen sangat besar. Komponen ini bernama OPC Drum yang letaknya ada di cartridge printer Laserjet.

2. Memastikan Toner Cartridge Tidak Bocor

Jika sobat menggunakan toner cartridge bocor, maka serbuk tonernya akan dapat berhamburan dan menyebar, sehingga dapat membuat printer rusak. Jadi, setelah sobat melakukakan isi ulang pastikan toner cartridgenya tidak mengalami kebocoran.

3. Menjaga Kebersihan Printer

Cara merawat printer laserjet yang selanjutnya yaitu menjaga kebersihan printer untuk menghindari masuknya benda asing seperti debu yang dapat membuat kualitas cetakan printer kurang maksimal atau bahkan printer macet dan rusak.

4. Jangan Menggunakan Kertas Bekas

Ketika sobat akan mencetak, usahakan untuk menggunakan kertas yang baru karena kertas yang bekas kadang ujungnya sudah melengkung. Hal ini dapat menyebabkan filem printer sobat bermasalah. Apabila terpaksa harus print bolak balik pastikan ujung kertas tidak ada yang melengkung.

5. Menggunakan Kertas Yang Sesuai dengan Spesifikasi Printer

Jika menggunakan kertas yang gram atau ukurannya lebih tinggi dari spesifikasi printer biasanya hasil cetakan gampang terhapus karena beban kerja fuser atau unit pemanas printer lebih berat.

6. Hati-Hati Menarik Kertas Yang Macet

Jika saat mencetak kertas macet atau paper jam, lepaslah terlebih dulu toner cartridgenya baru tarik kertas tesebut. Ketika menarik kertas, lakukan searah dengan jalan ke luar kertas jangan sebaliknya.

7. Kocok Toner dengan Benar

Pada saat toner sudah habis, jangan dikocok ke kanan atau ke kiri, bahkan ke depan dan kebelakang karena toner yang masih tersisa di cartridge dapat berhamburan. Posisi cartridge saat dikocok yaitu datar sesuai dengan posisi catridge.

Demikianlah tips tentang cara merawat printer laserjet yang harus sobat lakukan jika ingin printer yang sobat miliki dapat bertahan lama. Semoga tutorial printer yang kami berikan bermanfaat. Terimakasih 🙂

Baca juga

Cara Merawat Printer Dot Matrix Agar Awet

Cara Merawat Cartridge Warna Printer Supaya Tidak Rusak

Cara Merawat Printer Yang Jarang Dipakai Supaya Awet

Advertisement
[it’s work] 7 Cara Merawat Printer Laserjet Biar Awet | peche | 4.5