[WAJIB TAHU] 10 Cara Merawat Printer Infus Biar Awet

Ulasprinter.comcara merawat printer infus biar awet. Printer merupakan sebuah perangkat yang akan dihubungkan ke komputer sebagai alat untuk mencetak dokumen baik itu teks atau gambar. Ada banyak sekali jenis printer salah satunya ialah printer infus. Untuk sobat yang menggunakan printer infus sudah seharusnya mengetahui bagaimana cara perawatan printer supaya tetap awet.

Untuk cara merawat printer infus itu berbeda dengan cara merawat printer non infus atau cara merawat printer yang jarang dipakai. Printer infus adalah printer yang telah dimodifikasi sendiri. Dimana yang dimaksud dengan modifikasi sendiri ini. Jadi cartridgenya terus teraliri oleh tinta dari tabung tinta yang dihubungkan dengan selang menuju head atau cartridge.

Pada dasarnya, printer infus ini mempunyai kelemahan dan keuntungan masing-masing. Untuk mempertimbangkan dalam memilih printer jenis seperti ini ketahuilah beberapa kelemahan dan keuntungan berikut ini :

Keuntungan Printer Infus

  1. Isi ulang tinta yang lebih mudah. Karena tempat tinta ada di luar printer sehingga tak perlu menggunakan suntik.
  2. Tak harus melakukan bongkar pasang cartridge pada saat sobat akan melakukan isi ulang tinta. Jadi, langsung saja sobat masukkan tinta ke dalam tabung tinta yang ada di luar printer.
  3. Dapat mencetak ratusan sampai ribuan lembar kertas sekali isi tabung tinta.
  4. Tinta menjadi lebih hemat. Jadi, saat melakukan isi ulang tinta cartridge resiko tumpah sangat terminimalisir tapi berbeda dengan pengisian tinta yang harus menggunakan suntik.

Kelemahan Printer Infus

  1. Sering mengalami masalah apabila tidak dirawat dengan benar.
  2. Apabila tidak digunakan dalam waktu sering maka tinta dapat menguap melalui selang infus.
  3. Apabila printer infus jarang digunakan, cartridge infus dapat mengalami kerusakan. Bahkan tinta dapat mengendap dan kering.

Karena mempunyai kelemahan cepat rusak saat tidak dirawat dengan baik maka sobat harus mengetahui bagaimana cara merawat tinta infus. Perawatan tinta infus memang dapat dilakukan dengan mudah tetapi bagi pemula tentu akan merasa bingung karena belum mengetahui cara yang tepat dalam merawat printer infus ini. Untuk itu ketahuilah ada beberapa cara merawat printer infus supaya tetap awet.

Tips dan Cara Merawat Printer Infus Biar Awet

cara merawat printer infus biar awet

  1. Posisi botol (wadah tinta) harus sama dengan tinggi printer.
  2. Pada saat proses sedang mencetak, tutup botol yang kecil harus dibuka.
  3. Saat berniat untuk memindahkan printer, maka semua tutp botol harus dalam keadaan tertutup rapat. Tujuannya agar tinta tidak tumpah atau menguap.
  4. Apabila cetakan kurang maksimal, maka sobat harus melakukan head cleaning.
  5. Apabila tinta botol sudah tersisa ¼ bagian maka segera lakukan pengisian tinta printer dan jangan telat untuk melakukan pengisian ini.
  6. Jangan mendiamkan tinta habis baru melakukan isi ulang karena hal ini dapat mempengaruhi kinerja cartridge.
  7. Printer infus jangan dibawa pada posisi miring atau terbalik karena ini akan menyebabkan tumpahnya tinta. Jadi saat akan memidahkan dari suatu tempat bawalah dengan posisi yang benar.
  8. Buanglah tinta di pembuangan apabila tinta sudah mencapai ½ atau ¼ .
  9. Gunakan printer sobat setiap hari. Jika tidak perlu melakukan penyetakan maka sobat dapat melakukan head cleaning saja. Tujuannya agar printer infus tetap berkerja.
  10. Apabila ada udara di dalam selang maka lakukan head clenaing. Biarkan tinta ini mengaliri udara dalam selang sampai habis. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi penguapan tinta di dalam botol yang infusnya ke cartridge.

Merawat printer infus memang tidak semudah saat merawat printer jenis lain. Tetapi dengan mengetahui beberapa cara merawat printer infus di atas sobat pasti akan lebih mudah untuk melakukan perawatannya. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Artikel terkait

Cara Merawat Printer Laserjet Biar Awet

Cara Merawat Printer Dot Matrix Agar Awet

Cara Merawat Cartridge Warna Printer Supaya Tidak Rusak