[101% work] 4 Cara Merawat Cartridge Warna Printer Supaya Tidak Rusak

Ulasprinter.comcara merawat cartridge warna printer supaya tidak rusak. Untuk sobat yang memiliki printer, pasti faham bagian yang mudah rusak itu yaitu cartridge. Jadi dibutuhkan beberapa cara merawat cartridge warna printer supaya awet dan tak cepat rusak. Sebenarnya, kerusakan di cartridge merupakan hal yang wajar dan paling sering dijumpai. Tetapi, ada baiknya jika kita melakukan pencegahan supaya cartridge tidak cepat rusak.

Merawat cartridge printer tidaklah mudah, dibutuhkan beberapa ilmu khusus mempelajari seluk beluk printer dan komponennya. Sebelum sobat masuk ke step perawatannya, sobat harus tahu apa itu cartridge. Ya, cartridge merupakan salah satu komponen terpenting di printer. Kita tidak dapat mencetak gambar ataupun tulisan berwarna tanpa komponen yang satu ini. Fungsi cartridge ini adalah untuk menampung tinta printer yang dialirkan ke head supaya dapat dicetak. Mengingat pentingnya fungsi dari bagian ini, maka sangat disarankan bagi sobat agar dapat menjaga dan merawat komponen tinta tersebut dengan baik.

Lalu, Bagaimana Cara Merawat Cartridge Warna Printer Supaya Tidak Rusak?

Berikut ini merupakan ulasan cara terbaik untuk merawat cartridge printer dengan baik dan benar agar catridge warna tidak cepat rusak:

1. Mencetak secara berkala

cara merawat cartridge warna printer supaya tidak rusak

Apabila kita ada tugas ataupun kerjaan yang membutuhkan printer dengan jumlah yang banyak, disarankan jangan mencetaknya sekaligus. Berilah jeda setiap sobat mencetak kurang lebih 3 menit untuk print tidak berwarna dan ada jeda sekitar 3 menit untuk print berwarna. Istirahatkan printer jika sudah mencetak maksimal 15 lembar sesuai dengan jeda yang sudah dijelaskan tadi. Mencetak sekaligus malah akan memperparah kondisi printer dan cartridgenya. Bagian yang paling terkena dampaknya ialah filamen head. Bagian ini akan mudah panas serta dapat merusak bagian head printer.

2. Mengisi Tinta Saat Akan Habis

Tinta juga merupakan bagian penting untuk hal percetakkan. Kita tidak dapat mencetak jika tidak ada tinta yang mengalir ke head printer. Usahakan untuk mengisi tinta jika mau habis, jangan menunggu sampai benar-benar habis. Apabila sobat membiarkan cartridge printer tidak terisi oleh tinta dalam jangka waktu lama, hal ini akan membuat tinta tersumbat ke bagian head printer dan lama-kelamaan dapat membuat cartridge tersebut rusak dan tidak dapat digunakan lagi. Lebih baik meluangkan waktu untuk mengisi tinta daripada sobat harus membeli cartridge baru. Cara merawat cartridge warna printer satu ini bisa dikatakan cukup mudah, bukan?

3. Gunakan Printer Secara Rutin

Cara merawat cartridge warna printer selanjutnya yaitu gunakanlah printer secara rutin. Jangan mendiamkan printer terlalu lama. Usahakan cetaklah beberapa dokumen baik warna ataupun non warna supaya cartridge dapat berfungsi dengan baik. Itu juga menjadi alasan mengapa cartridge berwarna lebih cepat rusak karena memang jarang dipakai.

4. Jangan Sembarangan Mematikan Printer

Apabila sobat masih memerlukannya untuk mencetak, biarkan saja printer tetap dalam kondisi menyala. Jangan asal mati lalu nyalakan printer karena hal ini justru membuat tinta berhamburan. Penghamburan tinta ini bisa menyebabkan busa di penampung tinta cartridge yang akan membuatnya cepat penuh. Apabila penuh, maka printer tidak akan sanggup untuk mencetak. Jika memang sekiranya sobat masih membutuhkan untuk mencetak dokumen, biarkan printer menyala. Cara ini bisa meminimalisir kerusakan pada cartridge dan tentunya akan lebih hemat listrik.

Tutorial Printer lainnya

Cara Melakukan Head Cleaning Printer Yang Benar

Cara Merawat Printer Yang Jarang Dipakai Supaya Awet

Cara Mengatasi Error Printer Canon MP237

Setelah sobat mengetahui cara merawat cartridge dengan baik dan benar, maka sobat bisa langsung menerapkannya pada printer. Dengan begitu, sobat bisa menekan biaya perbaikan pada printer sobat. Semoga cara merawat cartidge warna printer ini bisa bermanfaat. Terimakasih.