[TERUPDATE] Cara Mengetahui Cartridge Canon Rusak

Ulasprinter.comcara mengetahui cartridge canon rusak. Bisa jadi kalian semua sudah mengetahui fungsi dari salah satu sparepart atau komponen di dalam printer yang bernama Cartridge. Cartridge merupakan komponen utama yang dibutuhkan printer karena melalui komponen ini setiap tinta menetes dan membentuk setiap pola gambar dan teks yang kalian cetak. Karena fungsi cartridge inilah kita harus mengetahui tata cara merawat dan penggunaan printer dengan benar.

Semua jenis Printer dari segala merk printer bisa dipastikan menggunakan komponen cartridge, seperti printer pada merk printer Epson dan printer Canon serta yang paling mengandalkan pencetakan dengan cartridge yaitu Printer HP (Hewlet Packard). Memang sebenarnya semua printer yang dipakai mempunyai batasan dalam penggunaan seperti batasan tinta di dalam tank cartridge tersebut, dan batasan jumlah halaman yang akan di cetak.

Cartridge perlu dirawat karena apabila cartridge mengalami masalah fungsi dari printer juga akan berhenti serta proses pencetakan tidak bisa dilakukan dengan lancar. Pastinya kalian semua tidak ingin kan masalah ini terjadi pada printer kalian? Untuk merawat printer sobat bisa membacanya disini Cara Merawat printer, nah untuk mengatasi hal ini sepatutnya sobat mengetahui tanda – tanda cartridge mengalami kerusakan , supaya sobat dapat mempersiapkan solusi terbaik. Berikut ini beberapa tanda – tanda kerusakan pada cartridge printer canon:

Cara Mengetahui Cartridge Printer Canon Yang Rusak dan Bermasalah

cara mengetahui cartridge canon rusak

Tanda-tanda yang biasanya terjadi pada Cartridge Rusak adalah sebagai berikut:

1. Hasil Print Out Tidak Penuh

Kadang Cartridge printer canon yang sudah mengalami masalah dan akan menunjukan tanda ini, karena cartridge sudah mecapai batasan cetaknya sehingga pada saat kalian mencetak satu halaman penuh , yang tercetak hanya setengahnya saja. Bahkan terkadang tidak tersetak sama sekali.

2. Mengetahui melalui Nozzle Check

Semua printer mempunyai suatu sistem tambahan untuk mengetahui kondisi cetak printer atau yang sering disebut dengan Nozzle Check dari melakukan perintah cetak disini akan mengeluarkan hasil cetak dari kedua cartridge. Pada saat hasil yang keluar tidak sempurna maka cartridge mengalami masalah. Masalah yang sering terjadi yaitu seperti tinta yang mengering karena sangat jarang penggunaannya, debu dan kotoran, tinta yang menggumpal dan masih banyak lagi.

Cara mengatasinya jika cartridge masih tergolong baru tetapi sudah bermasalah dengan melakukan head cleaning (sobat bisa membacanya di cara melakukan head cleaning yang benar)

3. Seringnya Cartridge Printer tidak terbaca

Terkadang pada saat pemakaian printer yang normal cartridge tiba-tiba tidak terdeteksi dan terbaca, hal ini yang perlu diwaspadai karena dapat jadi cartridge yang sobat gunakan tersebut sudah lemah sehingga harus diganti dengan yang baru. Tetapi patut sobat mencobanya untuk membersihkan cartridge dan membersihkan bagian chipnya apakah terkena tinta.

4. Mencetak terputus-putus

Pada saat kalian mendapati hasil cetakan yang keluar dari printer yang bergaris-garis, bisa juga hal ini merupakan tanda-tanda cartridge mengalami kerusakan yang disebabkan karena tinta yang tidak keluar karena kering atau tinta menggumpal. Tetapi bisa juga karena masalah lain, sobat bisa membacanya di cara mengatasi hasil cetak printer bergaris atau terputus.

Semoga artikel tentang cara mengetahui cartridge printer canon rusak ini dapat bermanfaat bagi kalian semoga, jangan lupa untuk membagikan ke teman-teman agar mereka juga mengerti. Terimakasih 🙂

Artikel terkait

Cara Memperbaiki Cartridge Canon Tidak Terdeteksi

Cara Mengatasi Cartridge Printer Canon Yang Mampet

Ciri Ciri Cartridge Printer Canon Rusak