[101% SUKSES] Cara Mengatur Kecerahan Warna Hasil Cetak Printer

Advertisement

Ulasprinter.comcara mengatur kecerahan warna hasil cetak printer. Untuk melakukan cetak dokumen atau data melalui printer, salah satu masalah yang banyak dialami penggna yaitu hasil cetak yang kecerahan warnanya tidak sesuai dengan apa yang ditampilkan pada layar PC. Cara mengatur kecerahan warna hasil cetak printer pada dasarnya cukup sederhana. Pada saat melakukan cetak data di printer, yang menjadi faktor utama kualitas hasil cetak ialah Dot Per Inch (DPI), dimana DPI ini merupakan gabungan dari titik warna yang akan menghasilkan cetakan hard copy sesuai dengan apa yang ada di dalam soft copynya. Semakin tinggi kualitas DPI pada printer, maka hasil cetak atau outputnya akan semakin baik.

Tetapi kualitas DPI pada printer bukan satu-satunya faktor yang cukup berpengaruh terhadap kecerahan dan akurasi warna hasil cetak, dimana masih ada faktor lain yang juga dapat mempengaruhi kualitas hasil cetak. Apabila printer yang sobat punya mengalami kerusakan pada hasil cetak yang kurang maksimal, dalam pembahasan kali ini akan kami paparkan mengenai cara mengatur printer untuk mendapatkan hasil cetak yang maksimal sert berkualitas pada printer.

Cara Mengatur Kecerahan Warna Hasil Cetak Printer

cara mengatur kecerahan warna hasil cetak printer

Sebelum mengetahui tentang cara mengatur kecerahan warna hasil cetak printer, ada baiknya kalau kita mencari tahu terlebih dahulu penyebab dari kualitas kurangnya kecerahan atau adanya kegagalan di hasil cetak, diantaranya yaitu:

Penyebab kurangnya kecerahan hasil cetak printer

  1. Kualitas kecerahan yang kurang maksimal pada hasil cetak, seringkali dipengaruhi dari print head yang macet atau rusak.
  2. Kerusakan roll penarik kertas sehingga printer tidak dapat menarik kertas untuk mencetak dokumen.
  3. Terjadi permasalahan paper jam atau kertas printer macet. Hal ini dapat dipengaruhi karena roller yang rusak, atau kertas yang dipilih tidak cocok.
  4. Kertas cetak tidak lengkap, pada umumnya dipengaruhi dari drive yang rusak atau terkena virus.
  5. Kerusakan pada cartridge.

Untuk dapat mengatasi hal ini, ada beberapa cara mengatur kecerahan warna hasil cetak printer. Pada dasarnya, kualitas print yang kurang maksimal umumnya dipengaruhi karena tersumbatnya tinta pada print head, atau tinta print yang sudah mengering. Hal ini juga berpengaruh terhadap kecerahan hasil cetak. Untuk itu, solusi yang dapat dilakukan ialah dengan membersihkan print head. Caranya:

  1. Siapkan mangkuk yang bersih dengan ukuran kurang lebih 200 ml.
  2. Isilah mangkuk tersebut dengan alkohol sebanyak satu sendok makan, setetes sabun cuci piring lalu diaduk.
  3. Langkah selanjutnya, celupkan kapas ke larutan tersebut, kemudian simpan pada print head yang macet. Dengan menggunakan larutan ini maka akan dapat membantu memecahkan penyumbatan tinta.
  4. Langkah terakhir yaitu, membersihkan print head dengan menggunakan kain kering atau kapas. Cara mengatur kecerahan warna hasil cetak printer yaitu dengan membersihkan print head. Dengan print head yang bersih, maka dapat membantu menghasilkan hasil print yang sesuai dengan kecerahan dan warna yang ada di PC.

Dengan melihat penjelasan di atas, maka sobat dapat mengikuti step by step untuk mengatur kecerahan pada hasil cetakan printer sobat. Semoga penjelasan ini bisa bermanfaat. Terimakasih 🙂

Baca juga

Cara Membuat Pembuangan Tinta Printer Yang Benar

Cara Memperbaiki Roller Bawah Printer Epson L Series

Cara Memperbaiki Cartridge Printer Canon Yang Tersumbat

Advertisement
[101% SUKSES] Cara Mengatur Kecerahan Warna Hasil Cetak Printer | peche | 4.5