[TERBUKTI] Penyebab dan Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Terdeteksi

Ulasprinter.com – Cara mengatasi tinta printer tidak terdeteksi. Sebagai seorang user printer, kita pasti sering mengalami kendala-kendala dalam pemakaiannya. Salah satunya yang pasti sudah tak asing bagi sobat ialah tinta printer sobat tidak terdeteksi. Lalu apa yang sebenarnya terjadi pada printer ini?

Penyebab Tinta Printer Tidak Terdeteksi

Pada saat tinta printer sobat tidak terdeteksi, permasalahan terletak pada cartridge printer sobat. Apabila sobat menemukan masalah seperti itu, artinya ada Chip Cartridge tidak dapat terdeteksi oleh Carriage Printer Unit sobat. Ini sama halnya dengan Cartridge tidak terpasang di Printer. Berdasar pengalaman kami, ada banyak faktor yang menyebabkan hal ini terjadi. Dan salah satu penyebabnya ialah bisa saja karena Chip kotor. Jadi, cobalah sobat bersihkan terlebih dahulu pada bagian chipnya.

Selain itu, Penyebab utama yang lainnya ialah terlalu seringnya kita mecabut cartridge dari dudukan. Mungkin inilah salah satu kekurangan apabila kita tidak menggunakan printer dengan sistem infuse. Sebenarnya apabila error ini muncul dapat kami katakan kemungkinan besar sobat harus mengganti Cartridge sobat. Tetapi jangan Khawatir, di sini ada satu tips yang pernah kami gunakan pada printer Ip 1890 kami dan berhasil. Itu dulu sekali, sebelum kami menggantinya dengan printer canon tipe MP287 sekarang ini.

Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Terdeteksi

cara mengatasi tinta printer tidak terdeteksi

Nah, bagaimana cara mengatasinya? Caranya ini sangatlah sederhana. Cobalah ikuti saja langkah-langkah di bawah ini:

  1. Hidupkan atau direstart dahulu printer sobat. Tunggu sampai Cartridge berhenti geser ke kanan dan geser ke kiri.
  2. Nah, lihat di monitor sobat Cartridge mana yang tidak terdeteksi. Sebagai Contoh, di sini kami umpamakan Cartridge Warnanya.
  3. Setelah tahu Cartridge mana yang tak terdeteksi (Cartridge Warna), angkat printer cover, lalu cabut cartridge warna (yang tidak terdeteksi tadi).
  4. Tutuplah lagi cover, tunggu cartridge parkir di tempatnya.
  5. Buka lagi cover printernya kemudian cabut cartridge hitam, lalu pasang cartridge warnanya.
  6. Lalu tutup printer cover, liat di tampilan pada layar monitor komputer sobat. Apabila sobat melihat gambar cartridge not recognized hanya di cartridge hitamnya itu berarti sobat sudah berhasil menerapkan cara ini. Langkah terakhir ialah memasang kembali cartridge hitam di tempatnya. Umumnya sampai di sini kedua cartridge sudah terbaca alias sudah terdeteksi.
  7. Tapi apabila dari tahap 6 di atas sudah sobat terapkan dan kedua-duanya cartridge not recognized, dalam hal ini ialah black and color, itu berarti cartridge warna sobat betul-betul sudah rusak dan harus diganti dengan cartridge yang baru.

Tutorial cara mengatasi tinta printer tidak terdeteksi kami rasa cukup sampai disini. Kami sarankan apabila sobat tidak dapat membenahinya secara mandiri, ada baiknya sobat membawa printer sobat kepada penyedia jasa servis printer profesional. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat dan semoga berhasil.

Baca juga

Cara Mengatasi Tinta Brother Tidak Terdeteksi

Cara Mengatasi Tinta Cartridge Keluar Terus