[100% work] Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar Setelah Mengganti Head

Advertisement

Ulasprinter.comCara mengatasi tinta printer tidak keluar setelah mengganti head. Di dunia printer, ada banyak sekali hambatan yang mungkin saja dapat kita temui. Seperti yang sobat lihat di judul di atas, kita akan mencoba mengkupas lebih dalam tentang bagaimana mengatasi tinta printer yang tak keluar setelah kita mengganti head. Hambatan seperti ini memang sering kali timbul.

Apa yang menyebabkan sehingga tinta tidak bisa keluar setelah mengganti head? Hal ini ditimbulkan karena sedikitnya tinta dalam cartridge bahkan kosong. Sehingga di saat printer melakukan head cleaning, yang dihisap itu bukan tinta melainkan udara yang ada di dalam cartridge. Pada umumnya hal ini terjadi disebabkan karena kita telat mengisi tinta dan printer masih melakukan proses pencetakan. Lalu, bagaimana kita memperbaikinya? Caranya cukup mudah. Di sini kita dituntut untuk melakukan penyedotan secara manual atau langsung dari cartridge. Cara ini bebas sobat terapkan, apapun jenis printer sobat.

Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar Setelah Mengganti Head

cara mengatasi tinta printer tidak keluar setelah mengganti head

Ilustrasi

Alat dan bahan : Obeng dan suntikan bekas.

Langkah-langkah :

  1. Lepas seluruh casing printer sobat. Kalau sudah silahkan sobat geser head printer menuju ke tengah.
  2. Lepaskan pelindung cartridge – Caranya cukup mudah. Sobat cukup melepas screwnya dan cungkil sisi atas kepala cartridge. Disitu sobat akan melihat sebuah pengait kecil. Cungkil perlahan dengan memakai obeng. Lalu angkat cartridge perlahan-lahan dari dudukannya.
  3. Setelah terlepas dari printer – Sobat akan melihat tinta yang ada di dalam cartridge mulai menipis. Apabila sobat perhatikan disana ada banyak rongga, maka sangat wajar apabila printer sobat sama sekali tidak dapat mengeluarkan tinta saat proses pencetakan sedang berlangsung.
  4. Selanjutnya sobat ambil suntikan bekas yang sudah sobat persiapkan sebelumnya. Lalu masukkan ujung suntikan pada bagian bawah cartridge printer. Sedot secara perlahan. Lakukan penyedotan di seluruh cartridge sampai tidak ada lagi rongga yang tersisa.
  5. Tahap terakhir, silahkan sobat pasang cartridge kembali ke posisi semula, pasang casing-nya dan seluruh komponen yang ada.
  6. Sekarang coba sobat nyalakan printer sobat. Kemudian masuk ke printer pengaturan dan lakukan head cleaning. Lanjutkan ke uji coba pencetakan. Done.

Secara umum apabila kondisi printer head masih dalam keadaan normal, printer sobat akan kembali bekerja dengan baik. Tetapi jika cara ini sama sekali belum membuahkan hasil, itu artinya head printer sobat mengalami masalah seperti mampet atau tidak dapat digunakan sama sekali.

Baca juga

Cara Menghilangkan Rongga Udara Di Selang Infus Printer

Cara Mencetak Foto Supaya Lebih Maksimal

Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Terdeteksi

Tutorial cara mengatasi tinta printer tidak keluar setelah mengganti head kami rasa cukup sampai di sini. Kami sarankan jika sobat tidak dapat membenahinya secara mandiri, ada baiknya sobat membawa printer sobat kepada penyedia jasa servis printer profesional. Semoga artikel tutorial printer bermanfaat bagi sobat semua.

Advertisement
[100% work] Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar Setelah Mengganti Head | peche | 4.5