[AMPUH] Cara Mengatasi Printer yang Tidak Terdeteksi

Advertisement

Ulasprinter.comcara mengatasi printer yang tidak terdeteksi. Banyak sekali permasalah yang muncul pada saat kita ingin menggunakan printer atau mesin pencetak. Contohnya, ada kejadian tidak terdeteksinya printer yang disambungkan dengan computer atau laptop. Permasalahan ini memang sering terjadi tetapi disaat yang tidak tepat bisa menyebabkan kejengkelan para pengguna.

Penyebab dari tak terdeteksinya printer cukup banyak sehingga, kita hanya mempunyai pengetahuan tentang cara mengatasi printer yang tidak terdeteksi. Permasalahan tidak terdeteksinya komputer umumnya timbul berasal dari banyak faktor. Hal yang pasti faktor itu berasal dari dua sumber utama yakni komputer atau laptop dan printer itu sendiri.

Disini kami akan memberikan beberapa faktor yang dirasa mempengaruhi permasalahan terdeteksi atau tidaknya printer sobat. Berikut lima tips yang bisa kami berikan untuk sobat tentang cara mengatasi printer yang tidak terdeteksi, yakni:

Mengatasi Printer Yang Tidak Terdeteksi

cara mengatasi printer yang tidak terdeteksi

1. Permasalahan dengan kabel usb

Periksa kabel USB sobat apakah sudah terhubung secara benar dengan laptop atau komputer. Apabila telah terpasang tetapi masih tidak terdeteksi periksa secara fisik kabel USB sobat.

2. Pastikan driver printer telah terinstal

Perlu diperhatikan juga bahwa nomor seri atau tipe dari printer sama dengan nomor yang ada pada driver printer. Apabila sudah terinstall tetapi masih tidak terdeteksi coba untuk install ulang driver pada laptop atau komputer sobat.

3. Apabila permasalahan bukan dari printer, kita harus mengecek pengaturan komputer atau laptop.

  • Pertama, silahkan sobat klik Start => run => ketik service.msc.
  • Kedua, lalu cari print Spooler klik kanan dan pilih properties.
  • Ketiga, disisi start up type pilih automatic.
  • Kemudian klik start.

4. Restart komputer

Apabila cara mengatasi printer yang tidak terdeteksi di atas masih belum dapat mendeteksi printer sebaiknya sobat restart komputer atau laptop dengan melepaskan semua peripheral yang terhubung dengan komputer setelah itu baru sambung USB printer dengan komputer atau laptop sobat.

5. Lakukan langkah ini

Tips terakhir yang bisa kami sampaikan apabila printer masih juga tidak terdeteksi, yakni: klik start => control panel => device and printer => add printer => add local printer => pilih port yang dipakai => have a disk (lokasi driver) => teruskan sampai selesai => lalu printer terdeteksi.

Sebetulnya masih banyak kemungkinan sebab permasalahan untuk printer yang tidak terdeteksi. Tetapi umumnya printer yang tidak terdeteksi tidak jauh-jauh dari kedua perangkat yang saling terhubung yakni komputer atau laptop dengan printer.

Kelima tips ini merupakan cara mengatasi permasalahan printer tidak terdeteksi yang pada umumnya terjadi. Sobat bisa langsung mecobanya dengan printer dan laptop atau komputer sobat. Tetapi jika kelima tips tersebut juga tidak membantu sobat sebaikanya sobat membawa printer atau laptop keahlinya atau ketempat service yang sobat percaya bisa menyelesaikan permasalahan printer yang tidak terdeteksi ini.

Baca juga

Tips Membeli Printer Multifungsi

Cara Merawat Printer Dot Matrix Agar Awet

Cara Reset Ink Waste Is Full Printer Epson L Series

Sekian tips tentang cara mengatasi printer yang tidak terdeteksi semoga bermanfaat dan bisa mengatasi permasalahan pada printer sobat.

Advertisement
[AMPUH] Cara Mengatasi Printer yang Tidak Terdeteksi | peche | 4.5