[101% Work] Cara Mengatasi Hasil Cetak Printer Tidak Lurus

Ulasprinter.comcara mengatasi hasil cetak printer tidak lurus. Hasil atau output cetakan printer tidak lurus ialah salah satu masalah yang sering ada di printer printer kelas low-end. Salah satu printer yang sering mengalami masalah ini yaitu printer merk Canon dalam berbagai seri.

Banyak orang yang ketika menemukan bahwa hasil cetak printernya tidak lurus atau berbelok-belok langsung mengganti cartridgenya. Memang untuk mengganti cartridge bisa menyelesaikan masalah ini, tetapi karena cartridge mempunyai harga yang tak murah maka sobat bisa mencoba untuk menggunakan cara lain yang lebih ekonomis. Salah satu penyebab terjadinya hasil cetak yang tidak lurus ialah plastik pita panjang yang kotor karena terkena tinta yang mengering.

Cara Mengatasi Hasil Cetak Printer Tidak Lurus

cara mengatasi hasil cetak printer tidak lurus

Plastik pita panjang ini apabila kotor akan berpengaruh terhadap hasil cetakan printer sobat. Hasil cetakan dapat tidak lurus atau miring dan juga garisnya berbelok-belok karena encoder inilah yang mempunyai fungsi sebagai pencetak garis lurus (vertikal) sedangkan pencetak garis mendatar (horizontal) merupakan lempeng plastik bulat atau yang biasa disebut dengan decoder.

Lalu Bagaimana Cara Mengatasi Hasil Cetak Printer Tidak Lurus?

Cara untuk mengatasi hasil cetak yang tidak lurus di atas sebenarnya sangat mudah. Sobat tinggal membersihkan plastik pita panjang tersebut dengan memakai tisu yang sudah dibasahi dengan air hangat. Ketika membersihkan sobat harus sangat berhati-hati karena apabila digosok terlalu keras sobat bisa menghapus garis-garis yang ada di encoder.

encoder printer

Gambar Encoder Printer

Apabila sampai garis ini terhapus sobat tidak dapat menggunakan encoder ini lagi dan harus menggantinya dengan yang baru. Terkadang ada kalanya encoder yang sudah dibersihkan tetap saja tidak dapat digunakan. Hal ini dikarenakan encoder yang sudah terkena tinta kering pada umumnya memang sulit untuk dibersihkan lagi. Apabila sudah seperti ini mau tidak mau sobat harus mengganti encoder sobat dengan encoder yang baru.

Apabila setelah mengganti encoder baru garis yang dihasilkan masih miring atau tidak lurus maka memang cartridge dari printerlah yang harus diganti. Kasus ini memang jarang terjadi tetapi bisa saja terjadi pada sobat. Untuk mengetesnya apakah hasil cetak sobat sudah lurus dan normal sobat bisa mencetak sebuah lembar kerja excel.

Perhatikan apakah garisnya sudah lurus atau masih berbelok-belok. Sobat juga harus mengecek kondisi printer sobat apakah sudah mencetak dalam kualitas tinggi atau belum. Printer yang diatur untuk mencetak dalam kualitas rendah biasanya juga mempunyai masalah seperti ini. Hal ini sangat penting untuk sobat perhatikan, sobat dapat mengubah pengaturan dari printer sobat untuk menjadi kualitas tinggi dengan masuk pada menu properties dari pengaturan printer sobat.

Baca juga

Tips Membeli Printer Laserjet

Cara Mengatasi Error 0x00000709 Printer Cannot Set Default

Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar Setelah Mengganti Head

Demikianlah cara untuk mengatasi hasil cetakan printer yang tidak lurus. Semoga informasi tips printer ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.