[JITU] Cara Mengatasi Hasil Cetak Printer Bergaris Vertikal Dengan Benar

Advertisement

Ulasprinter.comcara mengatasi hasil cetak printer bergaris vertikal. Mungkin ada banyak di antara kita yang pernah mengalami hasil printer yang bergaris vertikal atau hasil cetakan seperti teriris. Sobat pastinya merasa kesal kan? Kali ini sobat tidak perlu kesal atau panik apabila menghadapi masalah tersebut karena kami akan memberikan tips cara mengatasi hasil cetak printer bergaris vertikal. Sebenarnya, gangguan ketika sedang mencetak memang banyak, seperti tinta habis, catridge rusak, head printer mampet dan yang lainnya. Jika masalah hasil cetak yang bergaris vertikal, bagian printer yang bermasalah ialah encodernya. Apabila sobat belum tahu apa itu encoder, bentuknya menyerupai pita dan menempel pada rumah cartridge printer sobat.

Penyebab encoder bermasalah adalah karena adanya tinta yang menempel di encoder sehingga menutupi baris kode yang ada di permukaannya. Printer tidak dapat menghasilkan hasil cetakan yang utuh karena hal ini. Cara mengatasi hasil cetak printer bergaris vertikal tentu saja sobat harus membersihkan encoder. Cara membersihkan encoder cukup mudah, cukup ikuti langkah langkah berikut ini:

Cara Mengatasi Hasil Cetak Printer Bergaris Vertikal

cara mengatasi hasil cetak printer bergaris vertikal

1. Matikan Printer

Oleh karenanya, pastikan pada printer sudah dalam keadaan mati dan tidak terhubung ke listrik atau kabel printer dan tidak tertancap pada stop kontak.

2. Siapkan head cleaner dan tisu kering

Cara mengatasi hasil cetak printer bergaris vertikal karena encoder kotor tak cukup dengan dibersihkan dengan caa dilap saja. Sobat mesti menggunakan head cleaner yang sudah terbukti ampuh untuk membersihkan tinta yang menempel di printer. Tetesi tisu kering dengan head cleaner, sebelum dipakai untuk menggosok.

3. Usapkan pada bagian encoder yang ada tinta

Ketika sobat sedang membersihkan encoder dengan tissue, jangan terlalu keras saat menggosok supaya baris kodenya tak hilang. Lakukan saja secara perlahan, ke kanan lalu ke kiri. Gosoklah dengan cara perlahan sampai seluruh noda tinta pada encoder hilang.

4. Menguji coba printer

Setelah semua noda tinta sudah hilang, tutuplah kembali printer yang sudah sobat bongkar lalu nyalakan dan gunakan untuk mencetak dokumen. Sobat amati apakah hasil cetakan sudah normal atau belum. Seharusnya apabila sobat melakukan langkah ini dengan benar printer akan menjadi normal kembali, kecuali adanya kerusakan pada bagian lain printer sobat.

Kemudian bagaimana jika sedang dalam keadaan genting tetapi tidak memiliki head cleaner? Ada satu solusi yang sangat mudah untuk mengganti head cleaner yakni dengan merendam encoder di air yang mendidih. Setelah itu, cobalah untuk membersihkan tinta yang menempel dengan kuku tangan sobat. Ingat, jangan terlalu keras saat membersihkan, agar tidak menghilangkan baris kode. Jika baris kode rusak atau ada yang hilang, maka encoder tidak berfungsi lagi dan sobat harus menggantinya dengan encoder baru.

Baca juga

Cara Menggunakan Printer Infus Yang Benar

Cara Mengatasi Hasil Cetak Printer Bergaris Atau Terputus

Cara Mengatur Kecerahan Warna Hasil Cetak Printer

Sekian tutorial printer tentang cara mengatasi hasil cetak printer bergaris vertikal, semoga dapat membantu masalah printer Sobat dan bermanfaat. Terimakasih 🙂

Advertisement
[JITU] Cara Mengatasi Hasil Cetak Printer Bergaris Vertikal Dengan Benar | peche | 4.5