Cara Memperbaiki Roller Bawah Printer Epson L Series

Advertisement

Ulasprinter.comcara memperbaiki roller bawah printer Epson l series. Untuk sobat yang memiliki printer tentunya sudah mengetahui apa yang disebut roller. Roller adalah salah satu spare part pada printer yang mempunyai peran sangat penting. Apabila bagian ini bermasalah, maka printer tidak dapat mencetak secara maksimal. Untuk itu cara memperbaiki roller bawah printer Epson L Series akan diterangkan dalam artikel ini.

Sebelumnya, perlu sobat ketahui bahwa roller mempunyai 2 bagian yaitu bagian atas dan bagian bawah. Bagian yang akan kita bahas ialah roller bagian bawah karena dari banyak kasus yang terjadi, roller bagian bawah lah yang lebih cepat rusak. Di samping itu, roller bagian bawah juga mempunyai tugas yang lebih penting sehingga membutuhkan penanganan cepat saat ada masalah.

Sekarang mari kita ketahui penyebab roller bermasalah sebelum masuk ke pembahasan tentang cara memperbaiki roller bawah Printer Epson L Series. Pada umumnya, kerusakan ditimbulkan bukan karena kesalahan penggunaan atau kesalahan dari user, melainkan kerena faktor waktu. Biasanya roller mempunyai jangka waktu ketahanannya sendiri. Semakin lama, roller mulai menimbulkan berbagai indikasi adanya problem.

Biasanyanya kendala yang akan kita temui ialah printer sama sekali tidak menunjukan blinking atau kedip-kedip di lampu indikator dan saat proses pencetakan berlangsung sering kali printer menarik kertas lebih dari satu. Apabila hal itu terjadi pada printer sobat, berarti saatnya sobat memeriksakan roller bawah printer.

Cara Memperbaiki Roller Bawah Printer Epson L Series

cara memperbaiki roller bawah printer Epson l series

Sekarang mari kita masuk ke bagian inti dari artikel ini. Setiap printer mempunyai komponen yang berbeda-beda dan artikel ini akan membahas tentang Epson L Series dengan contoh Epson L120. Cara ini bersifat umum yang artinya juga dapat diterapkan untuk Epson L Series lainnya. Cara memperbaiki roller bawah printer Epson L Series yakni sebagai berikut:

1. Melepas roller dari badan printer

Caranya yakni dengan melepas baut yanag ada dibagian belakang printer menggunakan obeng. Lalu lepas tempat penampungan tinta, jangan lupa untuk menutup kerang tinta di tabung printer, baru keluarkan roller kecil yang ada.

2. Memeriksa kerusakan roller

Pisahkan besi dengan karet roller sampai terlihat bagian dalam roller. Biasanya kerusakan ditsobati dengan adanya bagian yang putus di lilitan besi.

3. Memperbaiki kerusakan roller

Caranya yakni denagn menggunakan tang. Cungkil sedikit ujung lilitan, jepit ujung lilitan yang lain dan lipat dengan menggunakan tang.

4. Memasang roller kembali

Setelah kerusakan teratasi, pasanglah kembali roller ke tempat semula seperti langkah sebelumnya.

Setelah roller sudah terpasang sempurna, coba jalankan printer dan coba untuk mencetak sebuah dokumen. Apabila masih ditemukan masalah, copot kembali roller dan amati bagian mana yang mengalami kerusakan seperti adanya retak atau lilitan putus dibagian lainnya. Cara memperbaiki Roller bawah printer Epson L Series ini berlaku juga untuk printer jenis lainnya, hanya saja letak tabung tinta di setiap printer berbeda-beda.

Baca juga

Cara Memperbaiki Cartridge Printer Canon Yang Tersumbat

Cara Memperbaiki Cartridge Canon Tidak Terdeteksi

Cara Memperbaiki Printer Epson Yang Menarik Banyak Kertas

Advertisement
Cara Memperbaiki Roller Bawah Printer Epson L Series | peche | 4.5