[TIPS JITU] Cara Memperbaiki Cartridge Printer Canon Yang Tersumbat

Advertisement

Ulasprinter.comcara memperbaiki cartridge printer canon yang tersumbat. Printer Canon merupakan salah satu merk yang paling banyak digunakan oleh para pengguna elektronik, seperti kamera dan printer. Printer Canon banyak dipakai karena mudah dalam penggunaannya bagi sobat yang baru pertama kali mencetak sendiri. Walaupun begitu, ada saja masalah yang mengganggu pada printer ini, yakni cartridge yang seringkali tersumbat. Cara memperbaiki cartridge printer Canon yang tersumbat bisa sobat lakukan sendiri di rumah karena caranya cukup mudah.

Masalah ini umumnya disebabkan karena printer jarang digunakan sehingga bekas dari tinta akan mengering dan menutupi lubang yang ada di dalam printer. Berikut ini beberapa langkah yang bisa sobat lakukan untuk mengatasi masalah tersebut dengan mudah.

Cara Memperbaiki Cartridge Printer Canon yang Tersumbat

cara memperbaiki cartridge printer canon yang tersumbat

Ilustrasi Cartridge yang mampet

1. Siapkan Dahulu Peralatan

Beberapa peralatan yang diperlukan untuk melakukan cara memperbaiki cartridge printer Canon yang tersumbat diantaranya yaitu head cleaner, tinta printer yang baru, alat penyedot yang bisa sobat temukan di banyak toko perlengkapan komputer, wadah yang dapat digunakan untuk menyimpan cartridge, dan beberapa lembar tisue kering.

Setelah bahan serta peralatan tersebut disiapkan, mulailah langkah pertama yakni menuangkan cairan head cleaner secukupnya di wadah yang sudah disiapkan. Kemudian masukkan cartridge ke dalam wadah yang sudah diisi cairan head cleaner tersebut dan tunggu beberapa saat. Fungsinya yaitu untuk menghancurkan tinta yang menempel di bagian atas cartridge. Lama perendaman tergantung dari seberapa parah penyumbatan.

2. Menggunakan alat penyedot untuk membersihkan tinta

Alat penyedot yang sudah disiapkan sebelumnya digunakan untuk membersihkan bekas tinta yang ada di bagian dasar kepala cartridge. Lakukan secara perlahan sampai seluruh bekas tinta yang menempel pada cartridge betul-betul bersih. Setelah tidak ada lagi bekas tinta yang tersisa, bersihkan cartridge dengan menggunakan tisue kering.
Proses membersihkan ini merupakan cara memperbaiki cartridge printer Canon yang tersumbat yang paling penting lantaran tinta yang dibersihkan haruslah tidak tersisa. Setelah itu pasang kembali cartridge pada printer sobat. Lakukan head cleaning ini selama waktu minimal dua kali dalam rentang beberapa waktu. Sekarang sobat dapat menggunakan printer Canon sobat kembali.

3. Membersihkan catridge secara rutin

Penyumbatan di cartridge tentu sangat memusingkan sobat. oleh karenanya, sering-seringlah membersihkan cartridge pada printer sobat supaya tidak penyumbatan tidak terulang kembali. Bersihkan minimal dua kali dalam jangka waktu satu bulan. Pembersihan yang secara rutin dilakukan akan menghindarkan cartridge pada printer sobat tersumbat karena bekas tinta yang dipakai untuk mencetak.

Dengan bahan yang mudah diperoleh dan pembersihan yang cepat dilakukan, sobat dapat melakukan cara memperbaiki cartridge printer Canon yang tersumbat sendiri tanpa harus membawanya ke service center khusus printer.

Baca juga

Cara Reset Ink Run Out Printer Epson L Series

Cara Merawat Printer Laserjet Biar Awet

Cara Mengisi SN ID Tinta Printer Epson L Series

Beberapa tutorial yang sudah disebutkan di atas semoga dapat membantu sobat untuk mencegah terjadinya penyumbatan kembali pada cartridge.

Advertisement
[TIPS JITU] Cara Memperbaiki Cartridge Printer Canon Yang Tersumbat | peche | 4.5