[AMPUH] Cara Memperbaiki Cartridge Canon Tidak Terdeteksi

Advertisement

Ulasprinter.comCara Memperbaiki Cartridge Canon Yang Tidak Terdeteksi. Pasti beberapa dari sobat pengguna printer Canon pernah merasakan hal ini dan kebingungan untuk mengatasinya. Cartridge yang tidak terdeteksi memang membingungkan untuk para pengguna karena penyebab dari cartridge tidak terdeteksi sangat banyak.

Hal ini harus secepatnya ditangani oleh seorang teknisi printer supaya tidak terjadi kerusakan yang semakin parah. Beberapa penyebab dari cartridge yang tidak terdeteksi yaitu antara lain Chip Head Printer yang Kotor, Cartridge yang tidak dapat direset, Cartridge yang sudah rusak dan masih banyak lagi faktor penyebab yanglainnya.

Cara Memperbaiki Cartridge Canon Tidak Terdeteksi

Cara Memperbaiki Cartridge Canon Tidak Terdeteksi

Lalu, bagaiman Cara Memperbaiki Cartridge Canon yang Tidak Terdeteksi?

  1. Cartridge Tidak Dapat Direset
    Hal ini merupakan salah satu penyebab utama dari cartridge yang tidak terdeteksi. Salah satu ciri utamanya yaitu printer tidak bisa mendeteksi indikator atau jumlah tinta yang terdapat di dalam ink tank. Hal ini menyebabkan aktivitas mencetak jadi tidak dapat dilakukan karena printer menganggap kapasitas tinta sudah habis dan tidak dapat mencetak dokumen apapun.
    Apabila hal ini terjadi maka akan muncul peringatan (warning) yang dikeluarkan oleh printer berupa tanda seru yang ada tepat di atas cartridge seperti tanda tinta yang sudah habis. Apabila hal ini terjadi maka sobat bisa mengatasinya dengan cara mereset cartridge printer secara manual.
  2. Head yang Tersumbat atau mampet
    Head yang tersumbat atau mampet juga bisa menjadi penyebab dari cartridge menjadi tidak dapat terdeteksi. Hal ini umumnya disebabkan karena endapan tinta yang mengering dan ada di permukaan head printer. Hal ini biasanya terjadi apabila printer sudah lama tak digunakan. Sobat bisa mengatasi masalah ini dengan cara membersihkan bagian head yang tersumbat hingga bersih. Setelah itu printer sobat akan menjadi normal kembali.
  3. Chip Head Kotor
    Chip head yang kotor juga bisa menjadi salah satu penyebab dari cartridge yang tidak dapat terdeteksi. Chip ini mempunyai peranan penting dalam mendeteksi kondisi cartrdige yang ada. Ketika sobat mengisi tinta printer biasanya ada sedikit ketidakcermatan sehingga proses tersebut mengotori chip serta membuat chip head menjadi error. Saat sobat mengisi tinta ada baiknya untuk mengecek kondisi chip head apakah sudah bersih atau belum. Apabila masih kotor sebaiknya sobat bersihkan dahulu supaya tidak terjadi error.
  4. Cartridge Rusak
    Apabila beberapa cara di atas tidak membuahkan hasil yang positif untuk sobat maka kemungkinan terbesarnya yaitu cartridge yang sobat miliki telah rusak. Dan salah satu cara untuk bisa menggunakan printer sobat lagi yaitu dengan membeli cartridge baru. Untuk menghindari hal ini sobat tidak boleh mencetak dokumen yang terlalu banyak dalam sekali cetak. Hal ini akan membuat head printer dan cartridge sobat menjadi aus dan rusak.

Demikianlah beberapa tips untuk mengatasi cartridge printer Canon yang tak terdeteksi. Jadi, sebelum pembaca ulasprinter.com membawa ketempat service, sebaiknya lihat terlebih dahulu masalah yang dialami oleh printer antara lain Chip Head Printer yang Kotor, Cartridge yang tidak dapat direset dan Cartridge yang sudah rusak. Semoga bermanfaat.

Baca juga

Cara Membuat Head Cleaner Printer

Cara Reset Manual Cartridge Printer Canon

Cara Memperbaiki Printer Epson Yang Menarik Banyak Kertas

 

Advertisement
[AMPUH] Cara Memperbaiki Cartridge Canon Tidak Terdeteksi | peche | 4.5