[101% BERHASIL] Cara Membersihkan Cartridge Printer Canon

Ulasprinter.comcara membersihkan cartridge printer canon. Yang menyebabkan tinta tidak mau keluar atau hasil cetakan menjadi buram bisa sobat lakukan sendiri. Salah satu bagian penting pada printer yang seringkali menjadi sumber masalah yaitu pada Cartridge yang merupakan tempat penyimpanan tinta, jika bagian ini yang sudah bermasalah maka secara otomatis akan mempengaruhi hasil cetakan.

Printer yang dalam keadaan masih baru, mungkin saat proses mencetak masih berjalan lancar, tetapi seiring waktu mesin printer pasti akan mengalami suatu masalah. Apabila yang sobat alami yaitu hasil cetakan yang sudah tidak normal atau bagus seperti biasa, maka sobat dapat melakukan cara berikut ini untuk menanganinya.

Catridge Printer Canon Mampet

cara membersihkan cartridge printer canon

Penyebab Masalah

Seringkali kita tidak mengetahui apa yang menjadi penyebab dari terjadinya penyumbatan atau macet pada cartridge. Hal ini yang mengakibatkan peluang terjadinya macet malah jadi lebih sering. Diharapkan dengan mengetahui apa saja yang bisa memicu terjadinya macet, maka hal ini bisa dihindari. Berikut ini beberapa penyebabnya:

  1. Suhu head printer yang terlalu panas karena terlalu banyak melakukan proses cetak dalam 1 kali proses. Sebaiknya diberi jeda saat banyak yang harus dicetak, istirahatkan sebentar kemudian lanjutkan kemudian supaya suhu head tetap normal.
  2. Printer jarang digunakan.
  3. Sangat jarang melakukan head cleaning.

Cara Mengatasi Masalah

Sebelum sobat membongkar cartridge, ada baiknya lakukan proses cleaning terlebih dahulu yang berguna untuk memastikan terjadinya masalah, kadang untuk mengatasi hasil cetakan yang buram hanya perlu melakukan head cleaning pada sofware untuk menormalkannya kembali, jika masih tak mau lanjutkan dengan deep cleaning. Ini merupakan cara yang bisa dilakukan dalam mengatasi penyumbatan ringan.

Cara membersihkan cartridge printer canon pada penyumbatan taraf yang sedang, berbeda dengan penyumbatan ringan, ini tidak dapat dilakukan melalui sofware tetapi dengan cara manual, yakni menggunakan suntikan dan toolkit penyedot yang dipasang pada cartridge untuk dilakukan penyedotan.

Untuk penanganan penyumbatan berat, perlu dilakukan langkah kerja yang lebih panjang, pertama siapkan air hangat atau cairan head cleaner pada wadah, rendamlah bagian head pada cartridge. Harap diingat! Hanya pada bagian head saja yang direndam dan tak boleh mengenai bagian chip.

Diamkan beberapa menit atau satu jam, lamanya waktu perendaman sangat tergantung dari tingkat penyumbatan yang terjadi pada head, jika tak terlalu parah maka hanya perlu direndam beberapa menit namun jika parah bisa menghabiskan waktu sehari semalam.

Apabila sudah melewati tahap perendaman, sekarang lakukan penyedotan untuk memastikan dan mengeluaran tinta yang mungkin masih tersisa, jika dirasa sudah bersih maka lakukan isi ulang (refill).

Jika ada percikan tinta pada cartridge, maka bersihkan dengan tisu, tetapi harus berhati-hati, jangan sampai menyentuh bagian head karena bisa menyebabkan kerusakan. Jika sudah, pasang kembali cartridge pada printer untuk melakukan test print. Sampai langkah ini, cara membersihkan cartridge printer canon sudah selesai.

Inti Dari Masalah Ini

Penyumbatan tinta yang menyebabkan hasil cetak jadi tak bagus karena adanya tinta yang sudah mengering sehingga menyumbat bagian head. Selain itu, kotoran seperti debu yang bercampur dengan tinta juga bisa menyumbat head, sebaiknya gunakan tinta dengan kualitas terbaik untuk mencegah terjadinya kerusakan atau menyebabkan penyumbatan pada head printer.

Baca juga

Cara Mengatasi Printer Yang Tidak Terdeteksi

Tips Membeli Printer Multifungsi

Cara Merawat Printer Dot Matrix Agar Awet