[LENGKAP] Cara Memasang Infus Printer Yang Benar

Ulasprinter.comcara memasang infus printer yang benar. Printer merupakan perangkat hardware yang bisa dihubungkan ke perangkat komputer dan laptop dengan fungsi utamanya sebagai alat untuk mencetak. Printer ini dapat mencetak dokumen berupa teks dan juga gambar dengan menggunakan media kertas. Perkembangan teknologi yang semakin pesat, printer juga semakin dan sangat dibutuhkan oleh berbagai kalangan.

Di zaman serba modern seperti ini printer tidak hanya dibutuhkan untuk instansi perusahaan saja. Tetapi beberapa orang rumahan juga membutuhkan printer sebagai pencetak teks terutama untuk mereka yang harus menyelesaikan tugas dalam bentuk print out. Peluang luas dari usaha percetakan juga dapat membuat banyak kalangan untuk memutuskan berbisnis percetakan dengan menggunakan printer yang berkualitas.

Pada dasarnya, printer terbagi menjadi beberapa jenis yakni printer Inkjet, printer Laserjet, printer Dot matrix dan juga printer infus. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang printer infus dan bagaimana cara memasang infus printer tersebut. Banyak orang yang memilih printer infus karena printer ini mempunyai beberapa keunggulan yang akan memudahkan mereka selama mengoperasikannya.

cara memasang infus printer yang benar

Pada saat memilih printer infus jangan memperhatikan harganya yang murah melainkan pertimbangkan spesifikasi yang dimilikinya. Dengan demikian, sobat dapat memastikan awet atau tidaknya printer infus yang akan sobat beli itu. Setelah memperoleh pilihan yang tepat sobat perlu mengetahui dasar tentang perawatan printer infus lalu pemasangan infus printer dan juga proses pengisian tinta pada printer infus tersebut.

Kali ini ulasprinter.com akan membagikan informasi tentang cara-cara memasang infus printer yang mudah. Pertama-tama yang perlu sobat lakukan yakni harus menyediakan peralatan atau perlengkapan yang digunakan saat memasang infus printer.

Peralatan yang diperlukan untuk memasang infuse printer:

  1. Dumper infus 4 warna.
  2. Roller selang.
  3. Selang infuse 8, 6 dan 4 jalur.
  4. Obeng Bor.
  5. Karet knee.
  6. Knee L.
  7. Tutup tabung infus 4 warna (lengkap).
  8. Tutup ventilator udara bebas debu.
  9. Penyedot tinta catridge.
  10. Suntikan atau spluit.

Untuk penjelasan secara detail dari masing-masing peralatan di atas akan kita bahas di postingan selanjutnya. Sekarang, kita langsung menuju ke cara memasang infus printer.

Langkah-langkah Untuk Memasang Infus Printer

Setelah melengkapi peralatan seperti di atas, saatnya kita menuju kepembahasan utama yakni cara memasang infus printer yang diterangkan di bawah ini:

  1. Bongkar printer
    Langkah pertama yang wajib dilakukan sebelum memasang infus printer. Caranya cukup mudah dimana sobat cukup melepas semua skrup yang ada ini terletak pada bagian kiri, kanan dan juga atas mesin printer.
  2. Langkah kedua, angkat cover scaner lalu lepas semua komponen scaner yang menempel pada body printer caranya juga tidak terlalu sulit. Jadi pada saat sudah terbuka sobat cukup melepas semua komponen yang melekat pada scaner.
  3. Lepaskan printer cover
    Selanjutnya kita dapat melepaskan printer cover dengan cara sedikit memukul-mukul pada bagian covernya. Pukulan jangan dilakukan terlalu keras agar tidak mengalami kerusakan.
  4. Membuat dua buah lubang
    Apabila sudah terlepas, langkah selanjutnya yaitu membuat dua buah lubang tepat pada bagian kanan printer dengan cara menggunakan mesin Bor. Lubang ini akan dipakai sebagai pengikat tabung tinta ke body. Dengan demikian, pastikan jarak antara kedua lubang itu pas dengan ukuran tabung. Jangan terlalu panjang dan jangan pula terlalu pendek ukur terlebih dahulu sebelum melubangi.
  5. Membuat lubang persegi
    Setelah membuat lubang bulat dengan bor, sekarang sobat perlu membuat lubang persegi dengan menggeraji cover. Ini bertujuan untuk menjepit selang infus printer yang akan dipakai.
  6. Ambillah kedua cartridge lalu lepaskan stikernya.
  7. Untuk cartidge warna berilah tiga lubang, untuk paling atas (magenta), buatlah lubang ini pada bagian kiri jangan tepat ditengah, karena pembuatan di bagian tengah dapat benturan dengan cartridge printer sobat.
  8. Buat lubang cartridge hitam disebelah kiri cartridge.
  9. Berikan lem lilin di cartridge warna, lem ini diberikan pada bagian atas agar udara tidak masuk ke dalam cartridge.
  10. Buka tabung tinta dari kemasannya lalu buka penutup bagian depannya dan angkat selang tinta tersebut.
  11. Lipat selang dengan cara menggunakan karet gelang agar tinta tidak tumpah.
  12. Pasang semua komponen infus tidak terkecuali cincinya.
  13. Atur selang printer dengan panjang yang sesuai.
  14. Siapkan lakban lalu tempelkan tepat pada bagian belakang cover printer.
  15. Terakhir, pasang cover dengan komponennya pada body printer dan jangan lupa untuk mengikat tabung ke body printer.

Semoga artikel tentang penjabaran cara memasang infus printer yang benar ini dapat menambah ilmu para pembaca. Artikel yang mengulas tentang infus ini boleh dishare ke teman-teman kalian agar mereka juga mengetahuinya. Salam hangat dan terimakasih 🙂

Artikel terkait

Cara Merawat Printer Infus Biar Awet

Cara Menghilangkan Rongga Udara Di Selang Infus Printer

Cara Menggunakan Printer Infus Yang Benar