[JITU] Cara Melakukan Head Cleaning Printer Yang Benar

Ulasprinter.comcara melakukan head cleaning printer yang benar. Ada cara yang dapat sobat lakukan untuk membersihkan atau cleaning head printer yang benar. Cara ini untuk menghindari kerusakan pada bagian printer lainnya serta mencegah kerusakan pada head printer. Harga head printer sendiri cukup mahal sekali bahkan sampai separuh dari harga printer. Oleh sebab itu, perlu cara yang benar untuk melakukan head cleaning pada printer.

Ada banyak jenis printer yang berbeda saat ini tapi untuk membersihkannya semua hampir dengan cara yang sama. Untuk tujuan dari head cleaning di printer tersebut yaitu menghindari tinta yang meluber, melancarkan lubang nozzle pada saat tinta keluar dari cartridge ke head printer.

Selain itu Head Cleaning Printer juga berguna sebagai perawatan printer secara rutin supaya tetap awet digunakan dalam jangka waktu yang lama. Berikut ini cara melakukan head cleaning pada printer dengan benar.

Cara Membersihkan Head Printer atau Head Cleaning Printer

cara melakukan head cleaning printer yang benar

Sobat dapat melakukan Head Cleaning Printer dengan memakai software atau menggunakan cara yang manual, untuk lebih mudahnya menggunakan cara software:

  1. Masuk ke start menu kemudian pilihlah device and printer atau dapat dengan cara klik start, lalu pilih control panel, kemudian pilih devices and printers.
  2. Pilihlah device printer yang akan dilakukan cleaning kemudian klik kanan dan pilih properties.
  3. Sobat akan masuk ke dalam jendela printer properties, masuklah ke tab maintenance.
  4. Di tab ini akan terlihat pilihan “cleaning”, “deep cleaning” dan “nozzle check”.
  5. Sobat dapat melakukan cleaning secara bertahap satu per satu.
  6. Printer akan secara otomatis menggunakan kertas sebagai indikator bahwa cleaning telah selesai.

Dari proses di atas akan membersihkan head dari tinta yang berlebih dan membersihkan sisa kotoran yang lainnya. Di keterangan tersebut akan terlihat ada pilihan “cleaning”, “deep cleaning” dan “nozzle check”.

Untuk opsi yang cleaning akan membersihkan tinta yang paling ringan selanjutnya ialah pilihan head cleaning yang berarti pembersihan yang lebih mendalam untuk cleaning head tersebut. Pilihan yang terakhir yaitu nozzle check dimana printer akan menguji dan memberitahu sobat tentang keadaan nozzle.

Sobat dapat melakukan pembersihan tersebut secara berkala seminggu sekali atau seperlunya saja karena akan membuang beberapa tinta ke depannya. Sobat dapat mulai melakukan cleaning head tersebut saat hasil cetak sudah tak bagus padahal tinta masih dalam kondisi yang optimal.

Tutorial printer lainnya

Cara Merawat Printer Yang Jarang Dipakai Supaya Awet

Cara Mengatasi Error Printer Canon MP237

Cara Mengganti Head Printer Epson

Selain itu langkah ini diperlukan saat mengalami error pada komputer yang mengharuskan sobat untuk membersihkan head printer. Untuk membersihkan dengan langkah di atas ada saran dari teknisi printer untuk memberikan jarak cleaning selama beberapa menit guna menghindari cartridge menjadi panas sehingga dapat terjadi kerusakan. Sobat sekarang sudah banyak tahu tentang cara melakukan head cleaning pada printer yang benar, silahkan mencoba tips di atas. Dan semoga bermanfaat.