Cara Mengisi Tinta Printer Yang Benar

Ulasprinter.comcara mengisi tinta printer yang benar. Printer merupakan salah satu perangkat hardware penting di dunia percetakan. Printer ini merupakan alat yang dapat mencetak sebuah gambar ataupun teks dengan memakai kertas ataupun media lainnya. Printer ini terbagi menjadi beberapa jenis diantaranya yaitu printer Ink Jet, Printer Laserjet dan juga printer Dot Matrix.

Sebagai user printer sobat sudah seharusnya mengetahui bagaimana cara mengisi tinta printer sobat. Ketahuilah pengisian yang salah dapat menyebabkan kerusakan untuk perangkat ini. Oleh karena itu, mengisi tinta printer juga harus belajar agar perangkat ini dapat berfungsi dengan baik.

Ketelitian yang lebih mesti diterapkan ketika sobat melakukan isi ulang tinta printer dengan memakai tinta refil yang ada dipasaran. Terlebih apabila sobat belum pernah membuka cartridge printer. Jadi, harus ekstra hati-hati bila tidak ingin terjadi kerusakan pada perangkat printer sobat. Untuk mencegah kerusakan sobat juga perlu membeli tinta printer yang berkualitas sehingga hasil cetakan tetap memuaskan dan mesinnya juga tidak mengalami gangguan dalam jangka panjangnya. Agar tepat sasaran ketahuilah berikut ccara melakukan isi ulang tinta printer yang benar.

Cara Mengisi Tinta Printer Yang Benar

cara mengisi tinta printer yang benar

Perlengkapan yang harus dipersiapkan terlebih dahulu

  • Tinta refil yang akan dimasukkan.
  • Jarum untuk melubangi yang berfuna untuk mengisi cartridge printer
  • Tisu atau kain yang berfuna untuk membersihkan cartridge yang sudah di isi.

Langkah langkahnya seperti berikut ini:

  1. Nyalakan printer kemudian tunggu sampai indkator lampu tidak berkedip.
  2. Buka tutup casing lalu keluarkan cartridge printer dengan menekan ke bawah secara perlahan.
  3. Buang kertas label yang menempel pada bagian atas cartridge, pertahtikan juga titik penyutikan yaitu 3 untuk berwarna dan 1 untuk hitam.
  4. Gunakan jarum yang sudah disiapkan untuk melubangi cartridge, agar tidak tumpah karena lubang terlalu besar usahakan menggunakan jarum yang pas.
  5. Suntikkan tinta dengan perlahan, jangan terburu-buru karena tinta bisa saja tumpah dan bisa menyebabkan kerusakan pada cartridge. Dalam hal ini sobat tidak perlu menyuntikkan tinta sampai habis jadi masukkan secukupnya saja.
  6. Setelah selesai, tutup kembali titik-titik penyuntikan yang berlubang dengan memakai isolasi ataupun lakban.
  7. Pasanglah kembali cartridge ke printer dengan cara menekan ke atas dengan perlahan.
  8. Tutup casing printer dan tunggu sebentar sampai cartridge yang baru diisi mulai berjalan dan dapat melakukan proses seperti biasanya.

Untuk proses pendeteksian biasanya printer akan menggambarkan apabila cartridge kosong. Jika hal ini terjadi biarkan terlebih dahulu sejenak sekitar 5 menit. Lakukan reset agar printer dapat kembali normal. Jadi, ini merupakan masalah normal dan tak membahayakan printer sobat.

Untuk tetap menjaga kestabilan fungsi printer sebaiknya sobat harus terus memperhatikan jumlah tinta pada printer lakukan pengisian pada waktu yang tepat. Jangan sampai tinta ini dibiarkan mengering sampai membuat printer menjadi rusak. Untuk mencegahnya gunakan mesin printer sobat setiap hari. Tujuannya agar cartridge terus bergerak sehingga tak akan mengalami kemacetan kecuali ketika ada masalah di dalam mesin tersebut.

Baca juga

Cara Menghemat Pemakaian Tinta Printer Secara Efektif

Cara Membuat Head Cleaner Printer

Cara Reset Manual Cartridge Printer Canon

Untuk mendapat cetakan yang memuaskan pembaca ulasprinter.com sebaiknya memakai tinta printer yang berkualitas. Karena kualitas dari tinta printer ini akan menentukan hasil cetakan. Setelah dipakai jangan lupa untuk mematikan printer. Perlu diketahui printer akan tetap awet ketika sobat mematikan tombol powernya saja tanpa langsung mencabut stop kontak. Jadi, cukup menonaktifkan tombol on atau off saja biarkan mati. Tapi keesokan harinya harus dinyalakan kembali agar tidak vakum sistem operasinya.

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengisi tinta printer yang benar semoga dengan adanya ulasan tutorial printer ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kamu semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.