[HARUS TAHU] 6 Cara Menghemat Pemakaian Tinta Printer secara efektif

Ulasprinter.comcara menghemat pemakaian tinta printer. Sebagai pengguna (user) printer sobat harus mengetahui cara menghemat pemakaian tinta printer. Tak hanya menjaga keawetannya saja tetapi menghemat penggunaan tinta printer juga harus dilakukan. Tinta printer merupakan salah satu pelengkap penting yang mesti diperhatikan jumlahnya. Dimana saat jumlah tinta ini berkurang maka dapat mengurangi kinerja dari printer itu sendiri.

Kualitas cetakan yang dihasilkan juga dipicu karena penggunaan tinta di printer. Pada saat printer dapat keluar dengan cepat dan sesuai maka hasil cetakan juga harus dengan gradasi yang menarik. Jadi untuk sobat yang ingin mendapatkan kualitas cetakan berkualitas maka perhatikan secara benar untuk cara penggunaan tinta.

Printer merupakan sebuah perangkat output yang dipakai untuk mencetak dokumen baik teks ataupun gambar. Printer ini tak hanya dibutuhkan oleh instansi perusahaan tetapi juga banyak dibutuhkan oleh mahasiswa dalam menyelesaikan tugas-tugasnya.

Pada dasarnya, cara menghemat tinta printer itu dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus melakukan perawatan kepada ahlinya. Ada cara simpel yang bisa sobat lakukan di rumah. Berikut ini ialah cara menghemat pemakaian tinta printer yang bisa dilakukan secara mudah :

Cara Menghemat Pemakaian Tinta Printer

cara menghemat pemakaian tinta printer

  1. Lakukan juga print perview sebelum mencetak dokumen
    Ini menjadi hal sangat penting untuk mengetahui posisi secara tepat dan memperbaiki jika ada yang kurang tepat.
  2. Pakailah jenis font yang hemat tinta
    Di dalam windows ada banyak sekali jenis font yang dapat dijadikan pilihan. Untuk menghemat tinta sebaiknya sobat gunakan font dengan gaya tipis agar tintanya tetap hemat.
  3. Pakailah mode DRAFT
    Dengan menggunakan cara ini printer akan dapat menghemat biaya dan juga waktu. Selain itu dengan mode DRAFT ini, sobat bisa mempercepat proses pencetakan sebuah dokumen. Mengapa demikian, karena dalam mode draft ini secara otomatis huruf atau font yang digunakan akan berjenis tipis dan secara langsung dapat menghemat tinta pada printer sobat. Untuk memakai mode DRAFT ini dapat dilakukan dengan cara berikut pilih Properties pada layar printer yang sedang digunakan lalu pilih printing shortcut, kemudian print quality dan fast draft pada kotak dialog print. Dengan pemakaian mode ini maka tinta printer sobat akan lebih hemat.
  4. Meningkatkan kecerahan gambar
    Pencetakan dokumen gambar tentunya akan menghabiskan banyak tinta apabila dibandingkan dengan teks biasa. Oleh sebab itu, kami akan membagikan tips agar tinta sobat tetap hemat walaupun sering mencetak gambar. Cara mudahnya yaitu dengan memperbesar tingkat kecerahan gambar yang akan dicetak. Karena gambar yang lebih cerah dapat menghabiskan tinta lebih sedikit jika dibandingkan dengan gambar gelap ataupun solid.
  5. Gunakan mode grayscale
    Dimana sistem kerja ini dapat mengubah tulisan yang berwarna hitam solid menjadi abu-abu. Dengan memakai metode seperti ini nantinya penggunaan tinta hitam dapat sedikit lebih hemat. Jadi, jika ingin menghemat tinta hitam aktifkan mode ini.
  6. Mencetak beberapa dokumen dalam satu lembar
    Jika biasanya sobat mencetak dokumen dengan menggunakan empat lembar kertas maka untuk menghemat tinta pakailah satu lembar kertas saja. Sobat bisa mencetaknya secara bolak-balik sehingga akan terlihat tetap jelas.

Melakukan penghematan tinta printer merupakan cara penting yang dapat dilakukan dengan mudah. Dengan menggunakan tinta yang hemat sobat juga lebih hemat biaya pengeluaran untuk isi ulang tinta. Semoga beberapa tips di atas dapat bermanfaat untuk sobat sekalian dan jangan lupa untuk merawat printer sobat supaya awet walaupun melakukan penghematan tapi jangan sesekali merusak program cartridgenya.

Artikel terkait

Cara Membuat Head Cleaner Printer

Cara Reset Manual Cartridge Printer Canon

Cara Memperbaiki Printer Epson Yang Menarik Banyak Kertas